Meski Punya Chrome, Google Tetap Rangkul Firefox


Google akhirnya memperpanjang kontrak kerjasama tiga tahun dengan Firefox

Google akhirnya kembali memperpanjang kontrak kerja sama dengan Mozilla untuk browser Firefox. Padahal sebelumnya, Google sempat dikabarkan akan menghentikan kerjasama tersebut apalagi Google Chrome semakin populer dibanding Mozilla Firefox.

Kerjasama antara dua mesin pencari ini berupa penawaran iklan yang ditempatkan di halaman mesin pencari. Jika pengguna internet yang menggunakan Firefox mengklik iklan yang ada di halaman mesin pencari Google, Google akan membayar ke Mozilla atas iklan tersebut. Imbal baliknya, Google menjadi default search engine di Firefox.

Kontrak Google dan Mozilla berakhir November 2011 lalu. Jika saja Google tidak memperpanjang kerja sama tersebut, Mozilla berpeluang kehilangan sekitar 80 persen pendapatannya atas bisnis iklan tersebut.

Kepanikan Mozilla pun berakhir karena Google secara resmi mengumumkan akan memperpanjang kontrak kerja samanya sedikitnya hingga tiga tahun mendatang.

Sebelumnya, Mozilla sempat khawatir bila Google tidak memperpanjang kontrak kerja sama tersebut. Sejak Google meluncurkan browser sendiri, Google Chrome pada September 2008, pendapatan Mozilla dari kerja sama bisnis tersebut makin merosot.

Tahun 2008, bisnis ini menghasilkan 88 persen dari total pendapatan Mozilla. Tahun 2009, merosot menjadi 86 persen dan tahun 2010 kembali anjlok menjadi 84 persen. Jika Google tidak memperpanjang kontraknya pada 2010, pendapatan Mozilla hanya tinggal 19,7 juta dollar AS.

Hubungan Mozilla dan Google mulai tidak harmonis ini karena dibuktikan dengan hasil penghitungan lembaga Statcounter bahwa Google Chrome meraih pangsa pasar 25,7 persen dan Mozilla Firefox hanya 25,2 persen. Sementara lembaga Net Application menghitung Google Chrome meraih 18,2 persen dan Mozilla Firefox meraih 22,1 persen.

Dari hasil StatCounter, terbukti bahwa Chrome sudah melampaui Firefox, berada di posisi kedua setelah Internet Explorer. Sedangkan lembaga Net Application akan diakuisisi oleh Chrome pada April atau Mei 2012.

Editor : Ismail
Sumber : Kompas.com
Tribun Medan – Kamis, 22 Desember 2011 15:14 WIB

Kritik dan Saran Bisa Anda Sampaikan pada Kolom Komentar di Bawah. Terima Kasih Kunjungannya Saudaraku.

About Iwan Lemabang
aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa. LEMABANG 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: