Inikah…? Satelit Bumi selain Bulan

NEW YORK Studi terbaru astrofisikawan Universitas Cornell, New York, AS, mengklaim bahwa Bumi memang punya Bulan-bulan kecil. Itu umum, bukan anomali. Ini artinya, Bumi sebenarnya punya Bulan kedua sementara.

Pertanyaannya kini muncul, apakah asteroid itu “Bulan” kedua Bumi?

Bulan sementara tidak sama dengan Bulan yang dikenal saat ini. Bulan memiliki orbit yang pasti, mengelilingi Bumi secara teratur. Sementara Bulan yang dimaksud dalam penelitian adalah satelit temporer.

Mikael Granvik, Jeremie Vaubaillon, dan Robert Jedicke, tim peneliti, mengatakan bahwa mereka telah mencacah populasi satelit alami ireguler yang secara temporer tertangkap Bumi. Tim astronom tersebut mengatakan bahwa ukuran satelit-satelit temporer itu memang kecil, tetapi implikasi dari hasil penelitian ini besar.

“Pada satu waktu tertentu, pasti ada minimal satu satelit alami yang berukuran paling tidak 1 meter yang mengorbit Bumi,” ungkap tim peneliti seperti dilaporkan Daily Mail, Rabu (21/12/2011). Publikasi tim astronom tersebut berjudul “The Population of Natural Earth Satellites” dan bisa diakses di situs web Universitas Cornell.

Tim astronom mengungkapkan, asteroid berukuran beberapa meter lebarnya saja bisa disebut satelit. Dan, satelit itu bisa menghemat misi antariksa. Meski mungkin tidak mungkin mendarat di satelit kecil itu, tetapi ilmuwan bisa mencari informasi darinya.(kompas.com)

Editor : emil
Sumber : Kompas.com
Bangkapos.com – Jumat, 23 Desember 2011 05:18 WIB

Kritik dan Saran Bisa Anda Sampaikan pada Kolom Komentar di Bawah. Terima Kasih Kunjungannya Saudaraku.

About Iwan Lemabang
aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa. LEMABANG 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: